Jumat, 13 April 2012

dampak bbm naik


DAMPAK YANG DITIMBULKAN AKIBAT KENAIKAN BBM DI TINJAU DARI ASPEK EKONOMI DAN SOCIAL


Oleh : Ibrahim amik semst. 1
Dari segi ekonomi, kenaikan BBM (bahan bakar minyak) adalah keterpaksaan, karena kenaikan harga minyak dunia. Mau tidak mau, kita harus naikkan harga minyak kita karena berpatokan kepada harga minyak dunia. Bisa diterima logika, tapi kenaikan BBM ini juga harus diikuti dengan perkembangan ekonomi nasional. Dan baiknya, dari kenaikan ini adalah, kita bisa mengikuti harga minyak dunia, sehingga diekspor-impor minyak kita mendapat keuntungan yang sejalan dengan harga minyak dunia, kalau nilai ekspor minyak kita mengalami peningkatan. Kalau itu tidak terjadi, kita akan mengami pengurasan minyak nasional untuk mengimbangi harga minyak dunia.
  Terhambatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil
Salah satu masalah terbesar yang muncul dari dinaikkannya harga BBM adalah kekhawatiran akan terhambatnya pertumbuhan ekonomi karena dampak kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi akibat komponen biaya yang naik.jika komponen bahan bahan produksi naik maka masyarakat kecil akan kebingungan dalam memproduksi barang dengan  modal yang pas pasan,dan jika ini terjadi terus menerus akan berakibat kebangkrutan atau gulung tikar.

  inflasi

Inflasi tidak mungkin dihindari karena BBM adalah unsur vital dalam proses produksi dan distribusi barang,nah jika semua proses produksi menjadi meningkat maka semua harga barang di pasaran pun akan naik dan menjadi tidak stabil yang berakibat inflasi selurh barang.

v                  Biaya pendidikan yang meroket

Biaya pendidikan terutama pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi akan semakin meningkat. Jangkauan masyarakat ekonomi rendah akan sulit untuk melanjutkan pendidikan karena terbatasnya pendapatan dan harga yang semakin tidak terjangkau. Fasilitas sekolah yang terbatas dan bangunan yang rusak juga masih banyak. Belum lagi di beberapa daerah jumlah sekolah tidak sebanding dengan jumlah penduduknya. Kebijakan pemerintah dengan memberikan dana BOS adalah sudah tepat. Subsidi BBM dapat juga perlu diprioritaskan pada pembangunan sekolah, fasilitas sekolah dan beasiswa pendidikan tinggi bagi anak yang berprestasi. SDM berpendidikan adalah investasi bangsa Indonesia kedepannya.

v  Pertumbuhan indutri yang terhambat dan menambah pengangguran

Di bidang industri akan menambah biaya transportasi bahan baku dan pada distibusi barang jadi kepada masyarakat luas di satu sisi. Di sisi lain, tingkat daya beli masyarakat akan mengalami penurunan. Sehingga bisa terjadi penumpukan barang-barang produksi. Bilamana hal ini tidak terjadi perbaikan, di masa mendatang akan meningkatkan biaya operasional (overheat production), sehingga akan terjadi pengurangan jumlah buruh dan menaikkan jumlah pengangguran di Indonesia.

v  Dampak yang timbul dalam aspek social

Dilihat dari aspek sosial, kenaikan BBM akan menaikkan tarif ongkos penumpang, kemudian harga komoditas barang juga akan meningkat. Ketika urusan perut sudah dicampuri dan dibebani, maka yang lain harus ditambahi. Supir punya keluarga untuk dihidupi, belum lagi untuk perawatan mobil, seperti spare part akan naik juga harganya. Kalau BBM naik, otomatis biaya pengangkutan barang akan naik, sehingga harga barang yang mau dibeli pun akan naik.

v  Tindak kriminalitas yang tinggi dan kekecewaan dan gangguan psikologis masyarakat

Kenaikan BBM bisa menjadi alasan politis, bisa menjadi alasan ekonomis, bisa juga BERALASAN SOSIAL, penulis tidak melihat aspek kenaikan ini tetapi melihat dampak dari kenaikan ini, setelah BBM dinaikkan maka semua peneliti sosial wajib melakukan penyebaran kuesioner terkait dengan daya beli, apakah daya beli masyarakat cenderung turun atau cenderung tetap, jika daya beli menurun maka akankah mereka merasa sejahtera jika kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi, berapa bisnis yang akan gulung tikar, jika banyak perusahaan gulung tikar berapa banyak kejadian PHK, jika banyak kejadian PHK maka daya beli masyarakat akan semakin turun.

Jika memenuhi kebutuhan dasar saja gagal, kriminalitas akan naik atau turun, jika kemudian kriminalitas menjadi naik, akankah masyarakat merasa aman, masyarakat merasa nyaman, jika jalan - jalan saja harus menyimpan kekhawatiran pencurian, perampokan, penjambretan dll. apakah aspek ini sudah benar - benar dikaji oleh pemerintah, apakah aspek - aspek sosial, psikologis sudah diantisipasi? jika kenaikan BBM justru menjadi sebuah bahan bakar terjadinya ketidakpercayaan kepada pemerintah, jika kenaikan BBM menjadi sebuah pemicu munculnya kerusuhan secara massal, masihkan menaikkan BBM menjadi satu - satunya pilihan?

Salah satu bahaya yang paling ditakuti dari sebuah rasa ketidakamanan dan ketidaknyamanan adalah rasa frustasi, rasa kecewa, jika akumulasi kekecewaan ini mencapai puncak yang tidak dapat ditahan oleh koping manusia maka kerusuhan, penjarahan, kriminalitas, kejahatan akan menjadi sebuah berita rutin yang didengar paska kenaikan harga BBM, tidak semua bisa dimatematis, tetapi tidak ada sebuah kejadianpun yang tidak menimbulkan dampak maupun akibat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar